Koperasi
dalam pasar persaingan sempurna:
Persaingan sempurna adalah stuktur pasar yang paling banyak di gunakan oleh para ahli ekonomi sebagai dasar analisis dan perencanaan suatu perekonomian.
Ciri-cirinya :
-Penjual dan pembeli dari suatu produk sangat banyak sehingga masing2 pihak tidak dapat
mempengaruhi harga.
-Produk yang di perjual belikan bersifat homogen, yaitu semua produk yang di tawarkan
sama dalam segala hal.
-Masing-masing penjual ataupun pembeli mempunyai kebebasan untuk keluar atau masuk
kedalam pasar.
-Pelaku ekonomi mempunyai pengetahuan dan informasi yang sempurna dari kondisi pasar,
struktur harga dan kualitas barang.
Di Pasar Monopolistik
adalah bentuk dari organisasi pasar, dimana hanya ada satu perusahaan atau penjualan suatu produk di pasar yang bersangkutan.Dari sudud cakupan, monopoli ada yang bersifat lokal, regional, dan nasional.
Contoh :
Bersifat Lokal : KUD sebagai penyalur tunggal kredit usaha tani (KUT) dan pupuk.
Bersifat Regional : dapat di lihat dalam penyediaan air minum bersih di mana di monopoli oleh perusahaan daerah air minum (PDAM).
Cirri-cirinya yaitu :
- Banyak penjual atau pengusaha dari suatu produk yang seragam
- Produk yang dihasilkan tidak sama (homogen)
- Ada produk substitusinya
- Keluar atau masuk ke industry relatof mudah
- Harga produk tidak sama di semua pasar, tetapi berbeda – beda sesuai keinginan penjualnya.
Persaingan sempurna adalah stuktur pasar yang paling banyak di gunakan oleh para ahli ekonomi sebagai dasar analisis dan perencanaan suatu perekonomian.
Ciri-cirinya :
-Penjual dan pembeli dari suatu produk sangat banyak sehingga masing2 pihak tidak dapat
mempengaruhi harga.
-Produk yang di perjual belikan bersifat homogen, yaitu semua produk yang di tawarkan
sama dalam segala hal.
-Masing-masing penjual ataupun pembeli mempunyai kebebasan untuk keluar atau masuk
kedalam pasar.
-Pelaku ekonomi mempunyai pengetahuan dan informasi yang sempurna dari kondisi pasar,
struktur harga dan kualitas barang.
Di Pasar Monopolistik
adalah bentuk dari organisasi pasar, dimana hanya ada satu perusahaan atau penjualan suatu produk di pasar yang bersangkutan.Dari sudud cakupan, monopoli ada yang bersifat lokal, regional, dan nasional.
Contoh :
Bersifat Lokal : KUD sebagai penyalur tunggal kredit usaha tani (KUT) dan pupuk.
Bersifat Regional : dapat di lihat dalam penyediaan air minum bersih di mana di monopoli oleh perusahaan daerah air minum (PDAM).
Cirri-cirinya yaitu :
- Banyak penjual atau pengusaha dari suatu produk yang seragam
- Produk yang dihasilkan tidak sama (homogen)
- Ada produk substitusinya
- Keluar atau masuk ke industry relatof mudah
- Harga produk tidak sama di semua pasar, tetapi berbeda – beda sesuai keinginan penjualnya.
Pasar
Monopsoni
Bentuk pasar
ini merupakan bentuk apasar yang dilihat dari segi permintaan dan pembelinya.
Dalam pengertian ini, pasar monopsoni adalah suatu bebtuk interaksi antara
permintaan dan penawaran dimana permintannya atau pembeli hanya satu
perusahaan.
Contohnya :
PT KAI (Kerata Api Indonesia)
Dipasar
Oligopoli
Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada beberapa perusahaan (penjual) yang menguasai pasar, baik secara independen maupun secara diam-diam bekerja sama.
Banyak koperasi di pasar-pasar lokal yang telah berintegrasi vertikal atau pasar-pasar yang lebih besar dimana perusahaan-perusahaan yang telah mapan masih sangat terbatas.
Dua strategi dasar untuk Koperasi dalam pasar oligopoli yaitu strategi harga dan non harga. Untuk menghindari perang harga, perusahaan akanmmengadakan product defferentiation dan memperluas pasar dengan cara melakukan kegiatan advertensi.
Membedakan mutu dan bentuk produk:
• Penawaran Harga yang bersifat Predator
• Price Leadership :
- Price Leadership oleh Perusahaan dengan Biaya
Terendah
Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada beberapa perusahaan (penjual) yang menguasai pasar, baik secara independen maupun secara diam-diam bekerja sama.
Banyak koperasi di pasar-pasar lokal yang telah berintegrasi vertikal atau pasar-pasar yang lebih besar dimana perusahaan-perusahaan yang telah mapan masih sangat terbatas.
Dua strategi dasar untuk Koperasi dalam pasar oligopoli yaitu strategi harga dan non harga. Untuk menghindari perang harga, perusahaan akanmmengadakan product defferentiation dan memperluas pasar dengan cara melakukan kegiatan advertensi.
Membedakan mutu dan bentuk produk:
• Penawaran Harga yang bersifat Predator
• Price Leadership :
- Price Leadership oleh Perusahaan dengan Biaya
Terendah
Cirri-ciri pasar ini :
- Terdapat beberapa penjualprodusen yang menguasai pasar
- Barang yang di perjual-belikan dapat bersifat homogen ataupun berbeda
- Terdapat hambatan masuk bagi perusahaan diluar pasar untuk masuk kedalam pasar
- Merupakan salah satu pasar price leader yaitu penjual yang memilki pasar terbesar.
- Terdapat beberapa penjualprodusen yang menguasai pasar
- Barang yang di perjual-belikan dapat bersifat homogen ataupun berbeda
- Terdapat hambatan masuk bagi perusahaan diluar pasar untuk masuk kedalam pasar
- Merupakan salah satu pasar price leader yaitu penjual yang memilki pasar terbesar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar