Membuat Surat Bisnis
Kita bisa memanfaatkan fasilitas Mail Merge untuk pembuatan surat bisnis, surat penawaran, surat undangan, proposal, dan surat-surat lainnya yang hendak kita kirimkan kepada lebih dari satu orang. Marilah kita coba membuatnya berdasarkan langkah-langkah dibawah ini:
1. Buatlah satu surat penawaran, misalnya sbb:
2. Siapkan daftar Nama Perusahaan yang hendak kita kirimkan surat penawaran. Buatlah daftarnya di dalam satu file Calc, simpan misalnya sbb:
3. Kembali ke file surat penawaran, klik menu Tools pilih Mail Merge Wizard.
4. Pada step yang ke-3, yakni Insert Address Block, lalu klik Select Different Address List.
Klik tombol Add, lalu pilih filenya yang sudah dibuat pada langkah no.2. Hasilnya adalah sbb:
5. Klik OK, lalu klik Cancel.
6. Klik menu View à Data Source kemudian klik kiri pada text alamat, lalu pilih Tables à Sheet1.
7. Klik & Drag nama kolomnya ke line dibawah “Kepada Yth:”, dan lain2nya sehingga hasilnya menjadi sbb:
8. Untuk melihat hasilnya, klik menu Tools pilih Mail Merge Wizard. Klik Save, Print or Send.
lalu setelah proses finish, klik tombol Save Starting Document, lalu klik tombol Finish. Hasilnya adalah sbb:
9. Untuk mencetak surat ini ke printer, pilih File pilih Print.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar